Tetap Sayang Buah Hati

☘️ *BAITI JANNATI*
*Layanan konsultasi dan Bimbingan*
✅ *Parenting*
✅ *Bimbinga Remaja*
✅ *Bimbingan Pra Nikah*
✅ *Bimbingan Menuju pasangan Bahagia.*

*16 Cara Mendidik Anak dengan Baik dan benar*

1️⃣ *Ucapkan Tolong, Maaf, dan Terima Kasih*
Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga adalah dengan memintanya untuk mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih. Tiga kata sederhana ini memiliki dampak yang luar biasa ketika diucapkan. Namun terkadang, beberapa orang sulit mengucapkannya karena alasan sungkan dan lainnya. Sebelum mendidik anak dengan baik agar cerdas dan sukses, orangtua perlu belajar cara menjadi orang tua yang baik terlebih dahulu. Misalnya, dengan mencontohkan kegiatan-kegiatan positif di depan anak
2️⃣ *Biasakan Berkata Jujur*
Sering kali, seseorang berbohong tanpa alasan. Ia berbohong hanya karena memang terbiasa untuk tidak berkata jujur. Akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.
Nah,sebagai orang tua, kita harus selalu memberikan contoh dengan berkata jujur saat menjelaskan sesuatu pada anak. Berkata jujur adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dalam keluarga.
3️⃣ *Suka Memberi*
Pola asuh dan teladan yang orang tua berikan sangat memengaruhi akan jadi sosok seperti apa sang anak kelak. Salah satunya,kebiasaan memberi orang tua yang akan ditirunya. Memiliki anak yang murah hati adalah harapan setiap orang tua,Namun sikap ini tentu tidak datang begitu saja.
Beramal,meminjami mainan,atau berbagi makanan,semua merupakan contoh perbuatan baik yg perlu ditunjukkan kepada anak untuk membentuk kebiasaan suka memberi.Jangan ragu untuk melibatkan anak dalam berbagai kegiatan sosial.Minta anak untuk berbagi mainan dgn kakak atau adiknya,
Berkunjung berbagi ke tempat panti2 sosial.
4️⃣ *Mentaati Peraturan*
Bagi si Kecil,peraturan mungkin masih terasa abstrak dan tak nyata. Namun,ia harus diperkenalkan pada peraturan sejak dini. Karena dimana pun anak berada,mulai dari rumah, sekolah,hingga di jalan, anak akan menemukan aturan yang harus dipatuhi.
Anak belajar dari orang tua dan lingkungannya. Jadi agar anak mampu mentaati peraturan, tentunya orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu, karena anak lebih cenderung belajar dengan cara meniru
5️⃣ *Ramah dan Peduli pada Orang Lain*
Tak semua anak terlahir sebagai pribadi yang ramah dan suka menyapa setiap orang yang ditemuinya.Untuk mengatasinya,kita bisa memberinya contoh bersikap sopan dan ramah pada orang-orang yang ia temui.Misalnya, menyapa orang yang sering ditemui walaupun tidak kenal,seperti pegawai di minimarket atau tukang sampah yang rutin datang setiap pekan.
6️⃣ *Menumbuhkan Sikap menghargai teman atau orang-orang di luar keluarga*
sebaiknya orang tua mengajarkan anak untuk menumbuhkan sikap menghargai orang lain yang berada di lingkungan sekitar keluarga.Misalnya,anak harus menghargai siapapun orang di luar rumah dengan tetap berlaku sopan di depannya.
7️⃣ *Mengenalkan Anak dengan Konsekuensi*
Setiap pilihan pasti ada konsekuensinya Perbuatan yang baik akan menimbulkan hasil yang baik.Sejak kecil anak sudah harus memahami konsekuensi dari apa yang mereka pilih.
8️⃣ *Mengenalkan Anak terhadap Sikap Adil*
Bertindak dengan adil menjadi faktor yang perlu ditanamakan kepada anak sejak dini. Hal itu bertujuan agar saat dewasa nanti anak tidak bersikap jahat dan diskriminasi terhadap sesama.
9️⃣ *Ajarkan Anak Menjaga Lingkungan*
Polusi atau banjir terjadi karena ulah manusia. Karena itu,sebaiknya orang tua mendidik anak untuk menjaga lingkungan sejak kecil.
🔟 *Cobalah Orang Tua Bersikap Terbuka kepada Anak*
Salah satu cara mendidik anak dgn baik agar sukses dan cerdas adalah dgn berkomunikasi dengan anak. Sebaiknya orang tua lebih terbuka terhadap anak dan mengungkapkan sifat apa yang kurang disukai oleh orang tua terhadap anak. Hal itu tentunya diiringi dengan solusi perubahan dari orang tua.
1️⃣1️⃣ *Hindari Membohongi Anak*
Ada sebagian orangtua yang suka memberikan janji kepada anak,namun kadang kala lupa ditepati.Hal itu tentunya membuat anak merasa dibohongi secara tak langsung,mengajari anak menjadi orang yang tidak menepati tanggung jawab.Karena itu, sebelum berjanji pada anak,pastikan bisa memenuhinya.
1️⃣2️⃣ *Bangun Kreativitas Bersama Anak*
Mengajarkan anak tandanya tak harus membuat peraturan-peraturan baru.Namun mendidik anak bisa dilakukan dengan cara mengasah kreativitas bersama anak.Beberapa contohnya, seperti bernyanyi bersama atau belajar lewat lagu.
1️⃣3️⃣ *Berikan Rasa Nyaman*
Tumbuhkanlah rasa nyaman saat mendidik anak usia dini dengan baik.Ajak anak berdiskusi saat berkomunikasi dengan orangtua,Dengan demikian anak akan timbul rasa nyaman terhadap orangtua.
1️⃣4️⃣ *Hindari Kalimat yang Mengancam*
Di usia emas anak akan mengikuti tingkah laku orangtuanya.Karena itu, sebaiknya menghindari menggunakan kalimat mengancam di depan anak. Hal itu bisa menjadi salah satu cara mendidik dengan baik di rumah.
1️⃣5️⃣ *Berikan Dukungan pada Anak*
Selain membutuhkan kasih sayang, anak juga perlu perhatian yang tulus. Berikanlah dukungan pada anak agar anak tumbuh menjadi individu yang lebih percaya diri.
1️⃣6️⃣ *Mengajak Bermain Bersama*
Salah satu cara mengajarkan dan mendidik anak usia dini dengan baik adalah mengajaknya bermain bersama. Orangtua dan anak bisa melakukan aktivitas yang saling mendukung.

*Semoga bermanfaat*
*BAROKALLAHU FIIKUM*
*www.bahagiakanyatim.com*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top