PACARAN PRA NIKAH

PACARAN PRA NIKAH

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Sobat BJC, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya…

Sobat BJC pasti tidak asing dengan istilah pacaran kan? Istilah pacaran diartikan sebagai masa penjajakan sebelum menikah. Ada yang mengatakan pacaran itu penting, ada juga yang mengatakan tak perlu pacaran tapi langsung nikah aja. Nah, Sobat BJC pilih yang mana nih?

Semua tergantung dari tujuan utama kita ketika akan menikah. Kalau menikah tujuannya hanya karena ingin punya pasangan hidup ataupun hanya untuk sebuah status, maka pacaran menjadi hal yang biasa dilakukan.
Namun, ketika menikah demi mengharapkan ridho-Nya, maka ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menikah.

Menikah adalah ibadah terpanjang dalam hidup kita, yang namanya ibadah alangkah baiknya diawali dengan cara yang baik. Selain memahami ilmu tentang pranikah, alangkah baiknya juga kita bisa menentukan sikap kita dalam masa pendekatan sebelum menikah.

Sebagaimana disebutkan dalam ayat di bawah ini
”Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk” QS Al Isro’ :  32

Ada dua macam zina yaitu zina majazi dan zina hakiki. Zina majazi adalah zina mata, zina tangan, zina kaki, zina mulut. Sedangkan zina hakiki adalah zina dengan alat kel*m*n. Zina majazi  disebutkan sebagai dosa kecil, namun kita tidak boleh meremehkan dosa tersebut karena zina majazi ini dapat mengantarkan orang terperosok ke dalam zina hakiki.

Jadi, bila kita ingin rumah tangga kita menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah wa Rohmah maka sebaiknya kita hindari yang namanya pacaran, karena pacaran cenderung mendorong kita untuk berbuat zina majazi bahkan bisa sampai ke tahap zina hakiki. Sebagai gantinya boleh dengan cara ta’aruf, karena dengan cara ini insya Allah, kita bisa dipertemukan dengan pasangan yang sholeh/sholehah.

Semoga kita dikaruniai pasangan yang sholeh/sholehah yang akan mendampingi kita menuju Jannah-Nya. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin

Semoga bermanfaat
Salam Keluarga Bahagia 🙏🏻
💙Peduli
🫶 Heppi
💪Mandiri

By : Fifi Aulia

www.baitijannaticenter.org
FB : https://bit.ly/3PDhzWb
IG : https://bit.ly/495QtOw
http://www.youtube.com/@bjcpeduli1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top